Windshear
Windshear, kadang-kadang disebut sebagai windshear atau gradien angin, adalah perubahan arah dan kecepatan angin selama jarak relatif pendek di atmosfer. windshear bisa terjadi dalam arah vertikal dan horisontal atau keduanya, dengan WINDSHEAR horizontal terlihat di depan dan dekat pantai, dan windshear vertikal biasanya dekat permukaan.
Windshear sendiri adalah sebuah fenomena meteorologi mikro yang terjadi pada satu jarak yang sangat kecil, tetapi dapat dikaitkan dengan mesoscale atau cuaca skala sinoptik. Windshear memiliki pengaruh yang signifikan selama lepas landas dan pendaratan pesawat karena efek mereka pada kontrol pesawat terbang, dan telah menjadi penyebab signifikan kecelakaan pesawat yang mengakibatkan kerugian besar hidup di Amerika Serikat.
Pada dasarnya pesawat dapat mengudara karena danya gaya angkat yang dihasilkan oleh komponen satu-satunya yaitu kecepatan relatif antara kecepatan pesawat terbang dengan kecepatan anginpada lintasan terbangnya ketika pesawat mendapatkan headwind (angin dari arah depan) maka pesawat terbang akan mendapat gaya angkat tambahan, demikian sebaliknya apbila pesawat mendapat tailwind (angin dari arah belakang), maka pesawat akan mengalami pengurangan gaya angkat. Apabila terjadi pada kondisi windshear maka kemungkinan pesawat terbang akan mengalami stall atau kehilangan gaya angkat yang akhirnya akan kehilangan ketinggian terbang.
Windshear vertikal dalam troposfer juga menghambat perkembangan siklon tropis, tetapi membantu untuk mengatur badai individu menjadi hidup lagi, siklus hidup yang kemudian dapat menghasilkan cuaca buruk. Konsep angin termal menjelaskan bagaimana perbedaan kecepatan angin merbanding dengan ketinggian, hal itu tergantung pada perbedaan suhu horisontal, dan menjelaskan adanya aliran jet.
Windshear sendiri adalah sebuah fenomena meteorologi mikro yang terjadi pada satu jarak yang sangat kecil, tetapi dapat dikaitkan dengan mesoscale atau cuaca skala sinoptik. Windshear memiliki pengaruh yang signifikan selama lepas landas dan pendaratan pesawat karena efek mereka pada kontrol pesawat terbang, dan telah menjadi penyebab signifikan kecelakaan pesawat yang mengakibatkan kerugian besar hidup di Amerika Serikat.
Pada dasarnya pesawat dapat mengudara karena danya gaya angkat yang dihasilkan oleh komponen satu-satunya yaitu kecepatan relatif antara kecepatan pesawat terbang dengan kecepatan anginpada lintasan terbangnya ketika pesawat mendapatkan headwind (angin dari arah depan) maka pesawat terbang akan mendapat gaya angkat tambahan, demikian sebaliknya apbila pesawat mendapat tailwind (angin dari arah belakang), maka pesawat akan mengalami pengurangan gaya angkat. Apabila terjadi pada kondisi windshear maka kemungkinan pesawat terbang akan mengalami stall atau kehilangan gaya angkat yang akhirnya akan kehilangan ketinggian terbang.
Windshear vertikal dalam troposfer juga menghambat perkembangan siklon tropis, tetapi membantu untuk mengatur badai individu menjadi hidup lagi, siklus hidup yang kemudian dapat menghasilkan cuaca buruk. Konsep angin termal menjelaskan bagaimana perbedaan kecepatan angin merbanding dengan ketinggian, hal itu tergantung pada perbedaan suhu horisontal, dan menjelaskan adanya aliran jet.
sea-breeze (or onshore breeze) adalah angin dari laut yang berkembang atas tanah dekat pantai. Hal ini dibentuk dengan meningkatkan perbedaan suhu antara darat dan air yang membuat minimal tekanan atas tanah karena relatif kehangatan dan kekuatan tekanan yang lebih tinggi, udara lebih dingin dari laut. Secara umum, suhu udara akan lebih dingin dibandingkan dengan lokasi terdekat sebagai salah satu penggerak angin menuju ke tempat yang lebih panas yaitu daratan.
microburst adalah kolom yang sangat lokal yang yang menekan ke bawah, akan menghasilkan angin yang merusak dan angin garis lurus pada permukaan, tapi dibedakan dari, tornado yang umumnya mengalami kerusakan konvergen. Ada dua jenis microbursts: microbursts microbursts basah dan kering. microburst berkembang melalui tiga tahapan dalam siklus hidup mereka: downburst , ledakan, dan tahap bantal. Skala dan tiba-tiba sebuah microburst membuat bahaya besar untuk pesawat karena windshear tingkat rendah yang disebabkan oleh hembusan angin yang sangat kencang, dengan beberapa kecelakaan fatal yang telah dikaitkan dengan fenomena tersebut selama beberapa dekade terakhir.
downburst adalah diciptakan oleh wilayah udara secara signifikan hujan yang dingin, setelah memukul permukaan tanah, menyebar ke segala penjuru memproduksi angin yang kuat. Tidak seperti angin di tornado, angin di sebuah downburst diarahkan keluar dari titik dan akan meyebar. downbursts Kering berhubungan dengan hujan badai disertai hujan yang sangat sedikit, sementara downbursts basah diciptakan oleh badai dengan jumlah curah hujan yang tinggi.
No comments:
Post a Comment
Silahkan Poskan komentar anda