SELAMAT DATANG di METEOROLOGI SUPADIO PONTIANAK
TIKET PESAWAT MURAH
SEMUA AIRLINE
HUB : 085280025707
PIN BB 25F1FD96 (24 jam)

Wednesday, February 16, 2011

FASILITAS PENERBANGAN

ALAT BANTU NAVIGASI

Apa itu VOR??????
Orang meteorologi, harus tahu juga alat bantu navigasi udara lho, karena kita bekerja di lingkungan bandara, kita sekarang bahas VOR.

VOR singkatan dari VHF Omnidirectional Range merupakan alat bantu navigasi yang berfungsi menentukan sudut terhadap peralatan VOR tersebut. VOR bekerja pada frekwensi antara 108,0 MHz sampai 117,95 MHz bekerja pada VHF jangkauan pendek sehingga bersifat line of sight.

VOR merupakan albanav jarak pendek pancaran maksimum kurang lebih 200 nm atau kira-kira 387 km pada ketinggia 35000 feet.


catatan:
Supadio frekwensi 113.2 MHz terdapat di jl adisucipto (Parit Baru)

DME??????

DME (Distance measuring Equipment adalah alat bantu navigasi enerbangan yang berfungsi untuk memberikan panduan atau informasi jarak bagi pesawat udara dengan stasiun DME yang dituju (Stant Range Distance) penempatan DME pada umumnya berpasangan Collocated dengan VOR atau Glide path ILS yang ditempatkan yang ditempatkan didalam atau diluar bandara sesuai fungsinya.

NDB

Non-directional Beacon (NDB) adalah pemancar radio di lokasi yang dikenal, digunakan  untuk alat bantu navigasi penerbangan atau bantuan navigasi laut. Sesuai namanya, sinyal ditransmisikan tidak termasuk informasi arah yang melekat, berbeda dengan alat bantu navigasi lain seperti rentang frekuensi radio rendah, VHF omnidirectional range (VOR) dan TACAN. Sinyal NDB  mengikuti lengkungan bumi, sehingga mereka dapat diterima pada jarak yang jauh lebih besar di dataran rendah dibandingkan VOR. Namun, sinyal NDB juga lebih dipengaruhi oleh kondisi atmosfer, medan pegunungan, refraksi pesisir dan badai listrik, terutama pada jarak jauh.
NDBs digunakan untuk penerbangan dibakukan oleh ICAO Annex 10 yang menentukan bahwa NDBs dioperasikan pada frekuensi antara 190 kHz dan 1750 kHz, walaupun biasanya semua NDBs di Amerika Utara beroperasi antara 190 kHz dan 535 kHz. Setiap NDB adalah diidentifikasi dengan satu, dua, atau callsign kode tiga-huruf Morse. Di Kanada, milik pribadi NDB pengidentifikasi terdiri dari satu huruf dan satu angka. Amerika Utara NDBs dikategorikan oleh output daya, dengan daya rendah dinilai kurang dari 50 watt, menengah dari 50 W untuk 2.000 W dan tinggi menjadi lebih dari 2.000 W.


Dari Berbagai Sumber



No comments:

Post a Comment

Silahkan Poskan komentar anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GEMPA SAAT INI

GEMPA SAAT INI