SELAMAT DATANG di METEOROLOGI SUPADIO PONTIANAK
TIKET PESAWAT MURAH
SEMUA AIRLINE
HUB : 085280025707
PIN BB 25F1FD96 (24 jam)

Tuesday, October 25, 2011

MENGAPA AWAN DI PONTIANAK SANGAT RENDAH SEKALI?


Pertanyaan itu sering dilontarkan oleh pengguna cuaca dalam hal ini pilot, baik itu pilot TNI AU yang baru ke pontianak atau pilot airline. Beragam dugaan dilontarkan mengenai hal ini, diantaranya karena pontianak berada di daerah khatulistiwa, kalau begitu mengapa di pekanbaru ketinggian awanya normal tidak seperti dipontianak padahal pekanbaru dilintasi khatulistiwa juga, atau karena pontianak banyak barang tambang yang ada di dalam bumi, atau karena pontianak berada antara persilangan garis lintang dan garis bujur, itu diantara pertanyaan yang sering terucap dan sering kita dengar. Hal ini memerlukan penelitian yang mendalam minimal untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan kita.


Apakah awan itu?

Awan adalah massa terlihat dari tetesan air atau kristal beku tergantung di atmosfer di atas permukaan bumi atau tubuh planet lain. Awan juga massa terlihat yang tertarik oleh gravitasi, seperti massa materi dalam ruang yang disebut awan antar bintang dan nebula. Awan dipelajari dalam ilmu awan atau fisika awan, suatu cabang meteorologi.(wikipedia)

Ketinggian Awan di Pontianak

Sepanjang saya dinas di Meteorologi Lanud Supadio, ketinggian awan tidak melebihi 1200 feet atau dalam kilometer yaitu sekitar 400 meter diatas permukaan bumi, berbda dengan daerah tetangganya yaitu Singkawang yang mempunyai ketinggian awan sekitar 1800 feet atau sekitar 600 meter, padahal dalam segi geologi jaraknya tidak terlalu jauh yaitu sekitar 140 km kalau naik helly sekitar 45 menit perjalanan.
Dalam benak saya ini mengandung banyak pertanyaan, apakah ketinggian awan merupakan garis linear yang merupakan fungsi dari y = x + k dalam bentuk matematisnya, dengan  k merupakan konstanta, ataukah ketinggian merupakan fungsi sinus ataukah acak, mari kita bahas kemungkinan2 yang terjadi, sekali lagi itu kemungkinan bukan hasil penelitian lho, tapi mudah-mudahan ini menjadi referensi untuk penelitian khususnya bagi instasi yang mengurusi itu.

Praduga

Dari definisi awan diatas kita dapat berpraduga awan di pontianak lebih rendah karena gaya gravitasi di permukaan sangat kuat sehingga menarik awan lebih dekat ke permukaan bumi, kini muncul pertanyaan mengapa geomagnet di pontianak lebih tinggi mungkinkah di dalam bumi pontianak ini banyak barang tambang?, ketinngian awan tiap daerah berbeda-beda tergantung dari geomagnet dari daerah tesebut, berarti ketinggian awan acak.
Mungkin itu yang bisa kita simpulkan sementara mungkin lebih lanjut harus diadakan penelitian mengenai gaya gravitasinya di banding dengan dengan sekitarnya baru kita bisa mengetahui secara ilmiah bukan lagi praduga.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Poskan komentar anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GEMPA SAAT INI

GEMPA SAAT INI