SELAMAT DATANG di METEOROLOGI SUPADIO PONTIANAK
TIKET PESAWAT MURAH
SEMUA AIRLINE
HUB : 085280025707
PIN BB 25F1FD96 (24 jam)

Friday, October 28, 2011

MENGENAL ALAT METEO 4


PANCI PENGUAPAN (PAN EVAPORIMETER)

Pan Evaporimeter (panci penguapan) adalahsalah satu alat yang di gunakan untuk mengukur tingkat penguapan di suatu tempat. Alat ini biasa di gunakan untuk pengamatan
meteorologi/penelitian di seluruh dunia, terutama dinegara-negara panas yang kering dimana konservasi airmenjadi hal yang penting artinya. Pengukuran umumnya dilakukan setiap 24 jam, dengan mencatat perbedaan ketinggian air pada 24 jam sebelumnya dikurangi ketinggian air yang diamati. Selisihnya ketinggian air diasumsikan sebagai jumlah penguapan yang terjadi selama 1 hari.

Ketinggian permukaan air diukur menggunakan kail pengukur (hook gauge yang di letakan didalam tabung silinder yang di buat dari kuningan (still well - agar permukaan air yang akan diukur bebas dari riak). Skala ketinggian di hook gauge diatur dengan memutar seperti skrup pada piringan logam (skala desimal), sehingga kail pengukur akan naik/turun menyesuaikan ketinggian air.

Bila terjadi hujan atau penambahan jumlah air dalam panci penguapan, maka perhitungan jumlah penguapan di dapat dengan menambahkan curah hujan yang terjadi (penambahan air) ke dalam perhitungan dari perbedaan ketinggian air yang tercatat.

Besarnya penguapan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya suhu, kelembaban, tekanan udara dan kecepatan angin. Sehingga dalam beberapa aplikasi dan keperluan seperti pertanian/klimatologi, maka pengukuran penguapan dilakukan bersamaan dengan pengukuran temperatur air maximum dan minimum serta kecepatan angin pada ketinggian 1 meter.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Poskan komentar anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GEMPA SAAT INI

GEMPA SAAT INI