SELAMAT DATANG di METEOROLOGI SUPADIO PONTIANAK
TIKET PESAWAT MURAH
SEMUA AIRLINE
HUB : 085280025707
PIN BB 25F1FD96 (24 jam)

Tuesday, October 25, 2011

ANGIN DI PONTIANAK SERING BERUBAH DARI PAGI HINGGA SORE HARI

Apa arti angin itu?

Angin adalah udara yang bergerak, dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah, atau dari tempat yang bersuhu rendah ke tempat yang bersuhu tinggi. Mengapa dari suhu rendah ke suhu tinggi.
Apabila dipanaskan, udara memuai. Udara yang telah memuai menjadi lebih ringan sehingga naik. Apabila hal ini terjadi, tekanan udara turun kerena udaranya berkurang. Udara dingin di sekitarnya mengalir ke tempat yang bertekanan rendah tadi. Udara menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah. Di atas tanah udara menjadi panas lagi dan naik kembali. Aliran naiknya udara panas dan turunnya udara dingin ini dinamanakan konveksi.


Mengapa Angin Berubah?

Perubahan arah angin di sebabkan oleh perubahan tekanan di suatu tempat yang berbeda dengan tempat lain, demikian juga perubahan arah angin bila dihubungkan dengan perubahan suhu, perubahan suhu bisa menyebabkan perubahan arah angin.

Keadaan Geografis Pontianak.

Pontianak dikelilingi oleh sungai yang besar, yaitu sungai kapuas, sungai itu sangat berpotensi sekali terhadap penguapan air. Pontianak sendiri merupakan delta yaitu daerah hasil dari bentukan 2 buah sungai2. Delta sungai atau Kuala adalah endapan di muara sungai yang terletak di lautan terbuka, pantai, atau danau, sebagai akibat dari berkurangnya laju aliran air saat memasuki laut. Sungai besar tersebut otomatis berpengaruh terhadap perubahan cuaca di Pontianak.
Disebelah barat terdapat pantai, yang sedikit banyak berpengaruh terhadap perubahan angin di pontianak, karena daerah delta pontianak ini masih kena pengaruh angin laut dan angin darat, sehingga pada siang hari angin cenderung dari arah timur dan selatan dan pada sore hari angin cenderung dari arah barat laut.

Kesimpulan.

Dari tulisan di atas mari kita simpulkan mengapa Pontianak anginnya selalu berubah-ubah karena dipengaruhi oleh:
1   1.   Keadaan geografis pontianak yang dekat dengan pantai sehingga masih terpengaruh angin laut dan angin darat.
2   2.   Pontianak di apit oleh 2 sungai besar di mana terjadi banyak sekali penguapan dan perubahan suhu.
3     3.     Keadaan tanah yang mengandung air.
Demikian pendapat saya semoga ada manfaatnya, dan harus dibuktikan dengan penelitian, ini berdasarkan pengalaman aza lho, moga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Poskan komentar anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GEMPA SAAT INI

GEMPA SAAT INI