SELAMAT DATANG di METEOROLOGI SUPADIO PONTIANAK
TIKET PESAWAT MURAH
SEMUA AIRLINE
HUB : 085280025707
PIN BB 25F1FD96 (24 jam)

Saturday, October 29, 2011

MENGENAL ALAT METEO 6



ANEMOMETER
Anemometer adalah alat untuk mengukur arah dan kecepatan angin. Sedikitnya di dalam anemometer terdapat tiga bagian utama yaitu :


CUP COUNTER
Berfungsi untuk mengukur kecepatan angin, berbentuk seperti mangkuk yang akan berputar bila tertiup angin. Perputaran mangkuk lalu diubah dari besaran mekanik menjadi besaran listrik dan selanjutnya dari besaran listrik menjadi skala kecepatan. Prinsip kerjanya hampir sama dengan prinsip kerja sebuah dinamo pada sepeda. Pada anemometer digunakan mangkuk alumunium untuk memutar sebatang magnet yang berada dalam kumparan/lilitan kawat, sehingga perputaran magnet akan menghasilkan arus listrik pada lilitan kawat, semakin cepat putarannya maka akan semaki banyak arus listrik yang dihasilkan. Perubahan arus listrik yang di hasilkan kemudian dikonversi menjadi skala kecepatan angin (dalam satuan knot, i knot = 1.6 km/jam) dan di tampilkan melalui display.

WIN VANES
Berfungsi untuk menunjukan arah angin . Berbentuk seperti anak panah dengan penaha angin dari plat alumunium/logam antikarat pada bagian ekor, sehingga akan selalu menunjuk ke arah kedatangan angin. Arah angin ditunjukan dengan derajat (0-360 derajat). Prinsip kerja cukup sederhana, dimana pergerakan win vanes akan memutar silinder logam yang salah satu sisinya telah di beri indikator dan akan menunjukan derajat tertentu.

DISPLAY

Adalah alat untuk menampilkan angka/skala penunjuk arah dan kecepatan angin. Display dapat berbentuk skala jarum jam) atau berbentuk seven segment atau dalam bentuk liquid cristal display (LCD).

No comments:

Post a Comment

Silahkan Poskan komentar anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GEMPA SAAT INI

GEMPA SAAT INI