SELAMAT DATANG di METEOROLOGI SUPADIO PONTIANAK
TIKET PESAWAT MURAH
SEMUA AIRLINE
HUB : 085280025707
PIN BB 25F1FD96 (24 jam)

Saturday, February 9, 2013

PERBEDAAN METEOROLOGI DAN ASTRONOMI-meteospo

Dalam kehidupan sehari-hari memang suka salah arti antara meteorologi dan astronomi, orang bertanya tentang masalah perbintangan kepada orag meteorologi, atau sebaliknya kadang orang bertanya tentang musim malah sama orang astronomi, hal ini perlu di luruskan mengingat disiplin ilmu meteorologi dan astronomi sangat jauh berbeda meskipun induk dari semuanya adalah disiplin ilmu fisika.

Meteorologi
Meteorologi sendiri berasal dari kata meteoros dan logos, meteoros artinnya ruang atmosfer dan logos artinya ilmu, jadi meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang ruang atmosfer beserta benda-benda yang melayang layang di dalamnya beserta gejala-gejala yang di akibatkan olehnya. Jadi meteorologi hanya mempelajari ruang udara di atas permukaan bumi sampai exosfer yaitu lapisan tertinggi dari atmosfer.

Ilmu-ilmu yang dipelajari dari meteorologi di antaranya, cuaca, iklim, badai tropis, meteorologi penerbangan, meteorolgi maritim, meteorologi pertanian dan sebagainya.

Astronomi
Astronomi sendiri adalah ilmu alam yang mempelajari tentang benda-benda langit termasuk (galaksi, bintang, planet, satelit palnet, asteroid, komet nebula di luar atmosfer bumi. Cabang-cabang ilmu astronomi di antaranya astrometri, astronomi observasi sampai dengan perhitungan kalender dan astrologi. Meskipun demikian yang dianggap astronomi frofesional dewasa ini adalah astrofisika.

Ramalan Astronomi dan Meteorologi
Sering orang bertanya, ramalan mengenai gerhana bulan ataupun gerhana matahari boleh di bilang tidak pernah meleset padahal benda yang di ramal itu sangat jauh sekali, tapi meramal hujan yang sangat dekat sekali dan kelihatan malah sering meleset. Jawabanya sangat sederhana sekali karena peredaran bumi mengelilingi matahari, atau bulan mengelilingi bumi itu sudah pasti, pada waktu juam tertentu bulan sampai ke tempat terentu tiu dapat di hitung, tapi untuk meramal turunnya hujan meskipun awan sudah mendung banyak faktor yang mempengaruhi yaitu arah dan kecepatan angin, tekanan di suatu wilayah, suhu dll. semuanya menentukan turun atau tidaknya hujan di suatu wilayah atau tempat.

Kesimpulan
Dari tulisan di atas kita ambil kesimpulan bahwa meteorologi mempelajari ruang udara yaitu dari permukaan bumi sampai batas akhir atmosfer sementara Astronomi mempelajari di luar atmosfer kita atau kita sebut ruang antariksa.
Ramalan orang astronomi mengenai gerhana bulan ataupun matahari boleh di bilang tepat karena benda yang di teliti berjalan sesuai waktu, sementara ramalan orang meteorologi tentang hujan kadang-kadang meleset karena di ruang udara banyak faktor yang mempengaruhi.

terima kasih semoga bermanfaat
disarikan dari berbagai sumber

1 comment:

Silahkan Poskan komentar anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GEMPA SAAT INI

GEMPA SAAT INI