KETENTUAN PELAYANAN CUACA (dari annex 3)
Penetapan dan penyediaan layanan meteorologi
1. Tujuan layanan meteorologi navigasi udara internasional adalah memberikan kontribusi terhadap keselamatan, keteraturan dan efisiensi navigasi udara internasional.
2. Tujuan ini akan dicapai dengan menyediakan pengguna berikut: operator, awak penerbangan, lalu lintas udara unit pelayanan, jasa pencarian dan penyelamatan unit, pengelola bandara dan lain-lain berkaitan dengan perilaku atau perkembangan navigasi udara internasional, dan informasi meteorologi.
3. Setiap Negara membutuhkan layanan meteorologi yang akan memberikan dan memenuhi kebutuhan navigasi udara internasional. Penentuan ini akan dilakukan sesuai dengan ketentuan Lampiran ini dan dengan akibat Mengenai perjanjian navigasi udara regional, meliputi penentuan layanan meteorologi harus disediakan navigasi udara internasional di atas perairan internasional dan daerah lainnya yang terletak di luar wilayah Negara yang bersangkutan.
4. Setiap Negara Pihak pada Persetujuan harus menunjuk kewenangan, selanjutnya disebut sebagai otoritas meteorologi, untuk memberikan atau untuk mengatur penyediaan layanan meteorologi navigasi udara internasional atas namanya. Rincian otoritas meteorologi begitu ditunjuk akan dimasukkan dalam publikasi informasi aeronautika negara.
5. Setiap Negara pihak harus memastikan bahwa otoritas meteorologi yang ditunjuk sesuai dengan persyaratan dari Organisasi Meteorologi Dunia dalam hal kualifikasi dan pelatihan personil meteorologi untuk menyediakan pelayanan navigasi udara internasional.
Catatan .- Persyaratan kualifikasi dan pelatihan mengenai meteorologi dalam penerbangan personil meteorologi diberikan dalam PPL Publication No 49, Peraturan Teknis, Volume I - Umum Meteorologi Standar dan Fitur Praktik, Bab B.4 - Pendidikan dan Pelatihan.
Supply, jaminan kualitas dan penggunaan informasi meteorologi
1. Kordinasi harus dipertahankan antara mereka yang berkepentingan dengan suplai dan mereka yang berkaitan dengan penggunaan meteorologi informasi mengenai hal-hal yang mempengaruhi penyediaan layanan meteorologi navigasi udara internasional.
2. Dalam rangka untuk memenuhi tujuan layanan meteorologi navigasi udara internasional, Negara pihak pada Persetujuan harus memastikan bahwa otoritas meteorologis yang ditunjuk , menetapkan dan menerapkan sistem mutu terorganisir dengan baik yang terdiri dari prosedur, proses dan sumber daya yang diperlukan untuk menyediakan bagi pengelolaan kualitas informasi meteorologi yang harus diberikan kepada user.
3. Sistem mutu dibentuk sesuai dengan 2 harus sesuai dengan Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) seri 9000 standar jaminan kualitas dan harus disertifikasi dan disetujui organisasi.
Catatan .- Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) seri 9000 standar jaminan kualitas memberikan kerangka dasar bagi pengembangan program jaminan kualitas. Rincian program sukses harus dirumuskan oleh masing-masing Negara dan dalam kebanyakan kasus yang unik bagi organisasi Negara.
4. informasi yang diberikan sesuai dengan persyaratan yang dinyatakan dalam bentuk jangkauan geografis dan tata ruang, format dan isi, waktu dan frekuensi penerbitan dan Masa berlaku, serta keakuratan pengukuran, pengamatan dan forecasts. Ketika sistem mutu meteorologi menunjukkan bahwa informasi yang akan diberikan kepada pengguna tidak sesuai dengan persyaratan yang disebutkan, dan koreksi kesalahan prosedur otomatis yang tidak sesuai, informasi seperti itu tidak boleh diberikan kepada pengguna kecuali disahkan dengan originator.
Catatan .- Persyaratan mengenai cakupan geografis dan tata ruang, format dan isi, waktu dan frekuensi penerbitan dan masa berlaku meteorologi informasi yang akan diberikan ke pengguna penerbangan diberikan dalam Bab 3, 4, 6, 7, 8, 9 dan 10 dan Lampiran 2, 3, 5, 6, 7, 8 dan 9 dari Lampiran ini dan navigasi udara regional yang rencana relevan . Bimbingan mengenai akurasi pengukuran dan pengamatan, dan keakuratan prakiraan diberikan dalam Lampiran A dan B, berturut-turut, Lampiran ini.
5. Berkaitan dengan pertukaran informasi meteorologi untuk keperluan operasional, yang sistem mutu harus mencakup verifikasi dan validasi prosedur dan sumber daya untuk memantau kepatuhan pada jadwal pengiriman yang ditentukan untuk setiap pesan dan / atau buletin yang diperlukan untuk dipertukarkan, dan saat mereka mengajukan untuk transmisi. Sistem mutu harus mampu mendeteksi berlebihan transit kali pesan dan buletin diterima.
6. Peragaan kepatuhan dari sistem mutu harus diterapkan oleh audit. Jika nonkonformitas sistem diidentifikasi, tindakan harus dimulai untuk menentukan dan memperbaiki penyebabnya. Semua pengamatan audit harus dibuktikan dan didokumentasikan dengan baik.
7. meteorologi informasi yang diberikan kepada user yang harus konsisten dengan prinsip-prinsip Human Factors dan harus dalam bentuk yang memerlukan minimum penafsiran oleh para pengguna ini, sebagaimana ditentukan di bawah bab ini.
Catatan .- materi Penyuluhan pada penerapan prinsip-prinsip Human Factors dapat ditemukan dalam Human Factors Pelatihan Manual (Doc 9683).
Notifikasi diperlukan dari operator
1. Seorang operator memerlukan layanan meteorologi atau perubahan di Wikipedia layanan meteorologis wajib memberitahukan, cukup di muka, para otoritas meteorologi atau kantor meteorologi (s) yang bersangkutan. Jumlah minimum pemberitahuan awal yang diperlukan akan menjadi seperti disepakati antara otoritas meteorologi atau kantor meteorologi (s) dan operator.
2. otoritas meteorologi harus diberitahukan oleh operator layanan yang memerlukan ketika:
a) rute baru atau operasi jenis baru yang direncanakan;
b) perubahan dari karakter harus dibuat dalam operasi dijadwalkan dan
c) perubahan lain, yang mempengaruhi penyediaan layanan meteorologi, yang direncanakan. Informasi tersebut akan berisi semua rincian yang diperlukan untuk perencanaan pengaturan yang tepat oleh meteorologi otoritas.
3. Kantor meteorologi di lapangan terbang, atau kantor meteorologi yang bersangkutan, harus diberitahukan oleh operator atau kru pesawat :
a) dari jadwal penerbangan;
b) ketika non-jadwal penerbangan harus dioperasikan dan
c) jika penerbangan tertunda, maju atau dibatalkan.
4. Pemberitahuan ke kantor meteorologi lapangan terbang, atau kantor meteorologi
bersangkutan, individu penerbangan harus berisi informasi berikut kecuali bahwa, dalam kasus penerbangan, yang persyaratan untuk sebagian atau seluruh informasi ini mungkin akan dibebaskan oleh kesepakatan antara kantor dan meteorologi operator:
a) Aerodrome keberangkatan dan perkiraan waktu keberangkatan;
b) tujuan dan perkiraan waktu kedatangan;
c) rute akan diterbangkan dan perkiraan waktu kedatangan di, dan keberangkatan dari, setiap intermediate Aerodrome (s);
d) aerodromes alternatif dibutuhkan untuk melengkapi rencana penerbangan operasional dan diambil dari daftar yang relevan yang terkandung dalam navigasi udara regional;
e) tingkat daya;
f) jenis penerbangan, baik di bawah visual atau peraturan penerbangan instrumen;
g) jenis informasi meteorologi diminta untuk anggota awak penerbangan, apakah penerbangan dokumentasi dan / atau pengarahan atau konsultasi; dan
h) waktu (s) di mana taklimat, konsultasi dan / atau penerbangan dokumentasi yang diperlukan.
No comments:
Post a Comment
Silahkan Poskan komentar anda